Arsip

  • ANALISIS RISIKO YANG BERPENGARUH TERHADAP KERUGIAN DAN KETERLAMBATAN PROYEK PEMBANGUNAN PASAR DENGAN METODE PROBABILITY IMPACT MATRIX
    Vol 9 No 2 (2020)

    I Nyoman Lokajaya

    Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

    lokajaya@untag-sby.ac.id

    ABSTRAK

    Tujuan dari penelitian adalah mendapatkan risiko yang berpengaruh terhadap kerugian dan keterlambatan proyek pembangunan pasar Rakyat Ujungpangkah Kabupaten Gresik, dan menganalisis penyebab risiko dalam kegiatan konstruksi pembangunan pasar. Hasil penelitian adalah setelah dilakukan pengelompokkan risiko dengan menggunakan Probability Impact Matrix, didapatkan 11 risiko yang termasuk risiko tinggi, 3 risiko yang termasuk sedang, 6 risiko yang termasuk rendah dan 7 risiko yang termasuk sangat rendah. Faktor yang mempengaruhi risiko tinggi adalah faktor material dan peralatan, serta faktor kontraktual. Faktor yang mempengaruhi risiko sedang adalah faktor tenaga kerja serta faktor material dan peralatan. Faktor yang mempengaruhi risiko sedang dan rendah adalah faktor force majeur, faktor material dan peralatan, faktor faktor tenaga kerja.

    Kata kunci: Manajemen Risiko, Pasar Rakyat, Probability Impact Matrix

     

  • Perencanaan Aktivitas Distribusi Dengan Menggunakan Metode DRP DI CV. Santa Agung Galvalum
    Vol 6 No 1 (2020)

    Norma Eka Sari Nastiti                                       

    Program Studi Teknik Elektro

    Sekolah Tinggi Teknik Malang

    normaekasari@gmail.com

       

    Tujuan dari penelitian ini adalah dengan adanya permasalahan di atas, maka perlu dilakukan perencanaan dan penjadwalan distribusi dengan metode Distribution Requirement Planning (DRP). Metode ini diharapkan mampu membantu permasalahan perencanaan dan penjadwalan distribusi produk agar aktivitas distribusi perusahaan menjadi lebih optimal, perusahaan mampu memenuhi permintaan dengan tepat waktu dan tepat jumlah serta dapat juga menekan biaya distribusi seminimal mungkin.

    Berdasarkan analisis implementasi DRP yang telah dibahas, maka diperoleh hasil bahwa perencanaan kebutuhan distribusi pada produk galvalum menghasilkan optimalisasi aktivitas distribusi CV. Santa Agung Galvalum aktivitas supplier berjalan dengan lancer dengan adanya ketersediaan produk yang memadai untuk memenuhi seluruh permintaan konsumen sehingga supplier tidak mengalami kehilangan pelanggan dan menjadi merugi karena penjualan kurang maksimal. Perencanaan aktivitas dsitribusi pada CV. Santa Agung Galvalum mencakup peramalan permintaan, pengendalian ketersediaan produk, dan penjadwalan distribusi bagi masing – masing produk galvalum.

     

    Kata Kunci: Perencanaan, metode DRP , distributor

  • Strategi Komunikasi Humas Polres Malang Kota Dalam Meningkatkan Citra Kerjasama Dengan Wartawan
    Vol 9 No 2 (2020)

    Vida Ratna, S.Pd, M.Si
    Program Studi Teknik Industri

    Sekolah Tinggi Teknik Malang
    email:vidaratna@stt.ac.id

    ABSTRAK

    Hubungan Masyarakat dalam sebuah instansi sangat erat kaitannya dengan citra atau pandangan publik. Bagi humas cara berkomunikasi yang tepat dan efektif sangat membantu dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Terlebih jika humas memiliki relasi yang luas, salah satunya dengan wartawan. Humas Polres Malang Kota sangat memiliki peranan penting dalam membentuk citra kepada masyarakat Kota Malang sendiri. Untuk itu berkomunikasi yang baik dan bekerjasama dengan wartawan merupakan salah satu cara Polres Malang Kota agar dapat menggiring opini publik bahwa hadirnya Polres Malang Kota di tengah-tengah masyarakat sangat penting. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Humas Polres Malang Kota dalam meningkatkan citra kerjasama dengan wartawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi serta menggunakan uji keabsahan data triangulasi sumber.

                Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi Humas Polres Malang Kota dalam meningkatkan citra kerjasama dengan wartawan yang berpedoman dengan teori komunikasi Sigit telah berjalan dengan baik. Dimana Humas telah menerapkan komunikasi lisan, komunikasi tertulis, komunikasi non verbal. Meski dalam komunikasi lisan Humas tidak menyampaikan seluruh data terhadap wartawan karena kepentingan reputasi instansi, namun kembali lagi bahwa melindungi citra baik sebuah perusahaan adalah tugas dan peran Humas. Sedangkan dalam komunikasi tertulis Humas memanfaatkan teknologi informasi yang lebih efektif untuk mempererat kerjasama dengan wartawan, yang tentunya dengan menjalin hubungan kerjasama yang baik maka akan meningkatkan citra dari Polres Malang Kota sendiri.  Dan pada komunikasi non verbal Humas juga selalu memberikan mimik wajah dan sikap yang ramah dengan siapapun khususnya wartawan. Untuk itulah Humas Polres Malang Kota dimasa jabatan saat ini lebih baik dibandingkan sebelumnya, sehingga mampu membangun kerjasama yang lebih erat dengan wartawan, dan meningkatkan citra atau kesan positif dimata masyarakat.

    Kata Kunci : Strategi, Komunikasi, Strategi Komunikasi, Humas, Kerjasama, Citra

     

  • Implementasi Integrated Marketing Communication Dalam Meningkatkan Pelayanan Funding Pada Calon Anggota KSP Berkah Sesama Jatim
    Vol 9 No 2 (2020)

    Sapto Pratolo, S.Sos. M.Si

    Program Studi Teknik Industri 

    Sekolah Tinggi Teknik Malang

    saptopratolo@stt.ac.id

    KSP Berkah Sesama Jatim adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha simpan pinjam, KSP dalam menjalankan usaha menggunakan komunikasi pemasaran sebagai cara untuk memperkenalkan produk dan layanan jasa kepada masyarakat atau calon anggota. Pada penelitian ini tujuannya adalah untuk dapat mengetahui dan menganalisis implementasi integrated marketing communication dalam meningkatkan pelayanan funding pada calon anggota KSP Berkah Sesama Jatim. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif. Bersumber dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada responden lima anggota dan calon anggota KSP, observasi, dan dokumentasi. Dalam menguji validitas data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber data dan metode triangulasi.

              Hasil pada penelitian ini adalah penerapan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh KSP belum semuanya efektif, dimana komunikasi pemasaran yang telah dilakukan hanya menggunakan dua bauran komunikasi pemasaran yaitu iklan  dan promosi penjualan produk funding. Media yang digunakan untuk iklan melalui media sosial Facebook dan Instagram, promosi penjualan diberikan dalam bentuk bingkisan atau wisata SiDewi sehingga belum dapat dikatakan efektif atau terintegrasi.

     

    Kata Kunci: Implementasi, Integrated Marketing Communication, Pelayanan, Funding

  • Aplikasi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Di SMK NMC
    Vol 9 No 2 (2020)

    Aplikasi Manajemen humas merupakan salah satu sarana yang penting di lingkungan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan antara lain (1) Perencanaan manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di SMK NMC Malang. (2) Pelaksanaan manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat SMK NMC Malang. (3) Evaluasi manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di SMK NMC Malang.

    Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan teknik penggalian data menggunakan beberapa metode diantaranya metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan kata-kata tertulis atau lisan sebagai alat untuk menentukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui agar memberikan gambaran secara ringkas dan jelas mengenai suatu gejala, peristiwa atau keadaan sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama, perencanaan manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di SMK NMC Malang mereka selalu membuat program atau menyusun program secara bersama-sama melalui rapat dengan semua pihak diantaranya kepala sekolah, kabid humas, para guru serta pegawai yang menyusun program bidang-bidang lain yang akan dilaksanakan selanjutnya. Kedua, Pelaksanaan manajemen humas di SMK NMC Malang dilaksanakan sesuai perencanaan dimana tugas humas untuk memberikan pelayanan dan informasi, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, berpenampilan yang Islami, dengan harapkan dapat dijadikan wahana menjalin komunikasi dan memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi sekolah dan masyarakat itu sendiri. Ketiga, evaluasi manajemen humas di SMK NMC Malang merupakan tahap akhir dari pengelolaan humas.

    Kata kunci :   Efektifitas Manajemen Humas, Partisipasi Masyarakat

  • Pengukuran Efektifitas Mesin Produksi Menggunakan Metode Overal Equipment Effectiveness (OEE) (Study pada Pabrik Tahu ABC di Malang.)
    Vol 9 No 2 (2020)

    Effektifitas mesin produksi merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk mengetahui kinerja mesin selama produksi berlangsung. Perusahaan menganalisa seberapa efektif penggunaan mesin dalam suatu proses produksi dan seberapa efisien waktu yang diperoleh  menggunakan metode Overall Equipment Effektiveness (OEE). Metode OEE merupakan metode perhitungan menyeluruh aktifitas produksi dari mulai perhitungan bahan baku sampai kualitas produksi.

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui effektivitas mesin produksi dimana akan terlihat hasil yang signifikan dari Availability,Perfomance dan Quality pada Usaha Tahu ini. Jenis data yang digunakan adalah Data Kuantitatif dimana data ini berasal dari penelitian bersifat angka, penelitian menggunakan model matematik, statistik. Sumber data yang diperoleh dari data primer yang diperoleh secara langsung dengan melakukan observasi dan wawancara. Data sekunder  diperoleh dari jumlah target produksi dan jumlah produksi gagal setiap harinya. Ataupun data yang berkaitan dengan penelitian.

                Berdasarkan hasil analisis pada Pengukuran tingkat efektivitas mesin giling kedelai di Pabrik Tahu ABC didapatkan nilai rata-rata untuk bulan April adalah 76%. Jadi untuk faktor yang berpengaruh terhadap rendahnya nilai OEE adalah nilai Performance Efficiency.

    Kata Kunci : Efektifitas Mesin Produksi, Overal Equipment Effectiveness (OEE)

  • Strategi Pemasaran Sosial Dalam Meningkatkan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru
    Vol 9 No 2 (2020)

    Sekolah Tinggi Teknik Malang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta pilihan calon mahasiswa yang melanjutkan dan melanjutkan studi ke perguruan tinggi hingga saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran sosial yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Teknik Malang dalam meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa baru dan mengetahui strategi pemasaran sosial apa yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Teknik Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi atau objek penelitian ini berada di Sekolah Tinggi Teknik Malang. Peneliti memilih SekolahTinggi Teknik Malang sebagai lokasi penelitian atau objek penelitian karena Sekolah Tinggi Teknik Malang berkembang sangat pesat dan bertahan hingga saat ini walaupun tersebar banyak perguruan tinggi di kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan wawancara mendalam terhadap beberapa subjek penelitian yang dipilih secara purposive. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif Miles dan Huberman, sedangkan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi metode triangulasi silang yang berbeda dan subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa kendala yang menjadi kendala. pada strategi seperti produk dimana kurikulum masih belum sesuai dengan yang diinginkan, perpustakaan kurang memadai, status jurusan yang kurang bagus. Berdasarkan strategi tersebut berdampak positif pada biaya penerimaan mahasiswa baru karena biaya yang diterapkan terjangkau. Strategi promosi selanjutnya sudah berjalan dan hasilnya di dapatkan sesuai dengan target yang di inginkan, cara yang dilakukan untuk promosi tersebut adalah dengan cara langsung datang ke sekolah-sekolah yang dimaksud khususnya semua sekolah yang ada di Jawa Timur selain itu, Tim promosi juga bekerjasama dengan para guru sekolah yang masuk agar kami selalu memberikan informasinya. Berdasarkan strategi lokasi, bangunan dan pengerjaannya juga berdampak positif pada penerimaan mahasiswa baru, karena letak yang strategis, bangunan lulusan yang modern dan berkualitas. Dari semua strategi yang lebih dominan dilakukan dalam meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa baru terbukti strategi promosi yang diketahui melalui informasi pendaftaran promosi.

    Kata Kunci: Social Marketing, Strategy

     

  • Perancangan Dan Pengembangan Tempat Penyimpanan Obat Dengan Kebutuhan Temperatur Khusus Berbasis ArduinO
    Vol 9 No 1 (2020)

    Pemanfaatan mikrokontroler arduino digunakan untuk pengontrolan temperatur suhu pada penyimpanan obat yang membutuhkan suhu sesuai dengan kebutuhan obat yang akan disimpan. Penelitian ini dilakukan dengan cara Pada tahap selanjutnya mengumpulkan komponen yang dibutuhkan untuk pembuatan alat, melakukan perancangan dan design, instalasi software Arduino uno, dan mempersiapkan coding untuk diinput padamikrokontroler. Hasil penelitian diperoleh bahwa lat dapat bekerja, mampu menghasilkansuhu yang ditentukan untuk obat walaupun range perkiraan dan perubahan suhu tersebut tidak terlalu signifikan.

  • Analisa Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen
    Vol 9 No 1 (2020)

    Anas Firman Adi

    Program Studi Teknik Industri

    Sekolah Tinggi Teknik Malang

    anasfirman@stt.ac.id

     

     

    ABSTRAK

    Kualitas produk merupakan salah satu faktor yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum membeli suatu produk. UD. Rejeki Lancar merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi, pengemasan dan pemasaran makanan ringan khas Madura. UD. Rejeki Lancar ini memanfaatkan hasil alam di olah dalam berbagai macam jenis camilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen di UD. Rejeki Lancar Sampang.

    Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan jumlah responden sebanyak 100 orang konsumen UD. Rejeki Lancar. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen UD. Rejeki Lancar. Terdapat pengaruh positif dan signifikan harga terhadap kepuasan konsumen UD. Rejeki Lancar. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama dari variabel kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen UD. Rejeki Lancar

     

    Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen.

  • Analisis Penataan Ruang Parkir Badan Jalan Untuk Meningkatkan Kinerja Jalan Depan Gereja Katolik St. Albertus De Trapani Malang
    Vol 9 No 1 (2020)

    Permasalahan kegiatan parkir di bahu jalan menjadi fenomena yang mempengaruhi pergerakan kendaraan di saat kendaraan yang mempunyai intensitas pergerakan yang begitu tinggi akan terhambat oleh kendaraan yang parkir di bahu jalan sehingga menyebabkan kemacetan. Di daerah Gereja Katolik St. ALBERTUS de TRAPANI Malang banyak kendaraan yang parkir di pinggir jalan (bahu jalan) terutama pada hari minggu. Dilakukan penelitian dengan memvariasi pola parkir seri dan pararel untuk hari minggu dan hari kerja (senin) hanya untuk sepeda motor. Dari hasil analisi Puncak Akumulasi parkir terjadi pada hari minggu baik dengan pola parkir seri ataupun pararel karena banyak aktivitas warga diantaranya jual beli dan olahraga dan Hasil Uji Korelasi untuk pola parkir seri sebesar 1 dan pola parkir pararel bernilai 0.9. Pola parkir seri lebih tepat diterapkan pada hari kerja karena Derajat Kejenuhan yang bernilai kecil. Sedangkan untuk hari Minggu Pola parkir seri juga lebih tepat diterapkan meskipun selisih dengan pola parkir pararel tidak terlalu besar.

     

    Kata Kunci : Kinerja Lalu Lintas, Pola Parkir

  • Pengaruh Pengenalan Merek Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen UKM Produksi Makanan Ringan Di Kota Malang)
    Vol 9 No 1 (2020)

    Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis variabel perilaku konsumen yang terdiri dari Pengenalan Merek, Kepercayaan pada Higienitas Produk, Kepercayaan pada Kontrol Kualitas terhadap Minat Beli. Hipotesis dikembangkan berdasarkan teori dan penelitian sebelumnya yang selanjutnya diuji menggunakan analisis SEM GSCA terhadap 300 orang responden dewasa yang merupakan konsumen UKM yang memproduksi makanan ringan (snack) di kota Malang, provinsi Jawa Timur, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengenalan Merek berpengaruh positif signifikan terhadap Kepercayaan pada Higienitas Produk; Pengenalan Merek berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli; Pengenalan Merek berpengaruh positif signifikan terhadap Kepercayaan pada Kontrol Kualitas; Kepercayaan pada Higienitas Produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Minat Beli; Kepercayaan pada Kontrol Kualitas berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli.

    Kata kunci : Pengenalan Merek, Kepercayaan, Minat Beli, UKM kota Malang

  • Penataan Kawasan Pada Bantaran Sungai Kelurahan Kebonsari Kecamatan Sukun Kota Malang
    Vol 9 No 1 (2020)

    Masalah kemiskinan dan kekumuhan adalah masalah yang kompleks dan
    komprehensif, terutama dalam merencanakan penataan sebuah kawasan, sehingga
    upaya penanggulangan kedua masalah tersebut perlu dilakukan secara sistematis dan
    komprehensif oleh semua pihak, baik pemerintah, masyarakat dan kelompok peduli
    dengan memadukan antara pembangunan fisik (infrastruktur dan hunian),
    pembangunan sosial dan ekonomi. Ketiga bidang garapan tersebut merupakan
    aktualisasi dari prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam mendukung
    peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
    Salah satu upaya untuk mengimplementasikan rancang bangung tersebut
    adalah rencana penataan kawasan pada bantaran sungai, Kelurahan Kebonsari, Kota
    Malang yang kemudian dikenal dengan istilah “Kampung Sungai Lestari”. Dimana,
    rencana penataan tersebut diprakarsai langsung oleh tokoh masyarakat, yang
    kemudian dikembangkan bersama-sama Pemerintah Kelurahan melalui
    Penyelenggaraan Penyusunan Pekerjaan Jasa Konsultasi Perencanaan Kegiatan
    Penataan Kawasan Berbasis Komunitas Kelurahan Kebonsari Kecamatan Sukun Kota
    Malang
    Penataan Kawasan berbasis komunitas di Kampung Kelurahan Sukoharjo ini
    secara umum bertujuan untuk mewujudkan rangkaian kegiatan menata sebuah
    kawasan agar lebih bermanfaat secara optimal. Kawasan yang penataannya rapi,
    tertata dengan baik dan disesuaikan dengan fungsi kawasan tersebut akan menjadikan
    lebih bermanfaat.
    Kata kunci : Penataan Kawasan berbasis komunitas, Kampung Sungai Lestari

  • Penataan Kawasan Berbasis Komunitas Kampung Santri, Intelektual Dan Patriotik (Kampung SIP) Di RW VII Kelurahan Sukoharjo Malang
    Vol 9 No 1 (2020)

    Kota Malang sebagai salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki
    berbagai potensi identitas kota, seperti potensi budaya, alam, pendidikan, wisata
    sejarah (heritage), wisata kuliner, dan sebagainya. Potensi identitas ini perlu
    dikembangkan demi keberlanjutan eksistensinya. Salah satu kampung yang
    perlu dirancang ulang untuk peningkatan kekhasan identitasnya demi
    keberlanjutan kualitas lingkungan dan masyarakatnya adalah kampung yang
    berada di RW VII Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen di Kota Malang.
    Etnisitasnya didominasi oleh etnis Jawa dan ada beberapa etnis keturunan Arab,
    sudah sejak lama kampung ini dikenal orang sebagai Kampung Kidul Pasar.
    Kampung ini memiliki keunikan dengan tiga identitas utamanya, yaitu kampung
    pahlawan, kampung santri, dan kampung pendidikan. Tiga identitas inilah yang
    menjadikan kampung di wilayah RW VII ini memiliki tema atau julukan “Kampung
    Santri, Intelektual dan Patriotik (Kampung SIP)”.
    Permasalahan utama pada kampung ini adalah semakin padatnya area
    terbangun, ruang terbuka hijau dan ruang bersama warga secara kuantitas semakin
    menunjukkan pengurangan. Pembangunan sarana, prasarana dan utilitas sanitasi
    kampung berlangsung secara parsial, tidak terkoordinasi dengan baik. Kondisi
    seperti ini, jika dibiarkan, bisa mengurangi bahkan menghilangkan identitas kampung
    sebagai “Kampung Santri, Intelektual dan Patriotik (Kampung SIP)”.
    Penataan Kawasan berbasis komunitas di Kampung Kelurahan Sukoharjo ini
    secara umum bertujuan untuk menata ulang kampung dengan tetap
    berpedoman pada tema Kampung Santri, Intelektual dan Patriotik (Kampung SIP)
    yang memiliki cakupan identitas sebagai kampung patriot, santri, dan intelek.
    Pengembangan dan penataan kembali Kampung Santri, Intelektual dan
    Patriotik (Kampung SIP) di wilayah RW VII Kelurahan Sukoharjo ini diharapkan
    dapat memberikan manfaat menguatkan karakter warga masyarakat,
    memberikan kesempatan yang besar untuk mampu mempertahankan karakter,
    menjadikan Kampung Santri, Intelektual dan Patriotik (Kampung SIP) yang
    mampu membangkitkan patriotisme warga masyarakatnya, sehingga
    menghidupkan karakter kebangsaan, akhlaqul-karimah, dan intelektual- spiritualitas
    seluruh warga masyarakatnya.
    Kata kunci : Penataan Kawasan berbasis komunitas, Kampung Santri, Intelektual
    dan Patriotik

  • Kontrol Lampu Jarak Jauh Pada Smart House Berbasis Android
    Vol 9 No 1 (2020)

    Smart House saat ini mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan teknologi,salah satunya adalah terhadap kontrol lampu jarak jauh menggunakan android.Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan IoT) merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus.Dengan  sudah  banyak  tersedia  jaringan  internet  yang  akan  lebih efisien karena jarak akses yang tak terbatas serta penggunaan platform website yang dapat diakses dimanapun kita berada.Sehingga akses kontrol lampu jarak jauh dapat kita bisa kita gunakan smartphone sebagai media untuk mengontrol lampu di rumah.Untuk pengontrolan lampu dengan mengunakan modul wifi mcu ESP 8266 yang dapat memantau secara real time

    Alat ini mampu mengontrol lampu dirumah jarak jauh dengan memanfaatkan smartphone.Dari hasil pengukuran yang dilakukaan dengan koneksi wifi di Kampus STT Malangdiperoleh hasil dari tabel di atas diketahui bahwa koneksi wifi sangat menentukan dalam mengirim data dan menentukan delay dan tidaknya koneksi. Sehingga dapat memperlambat proses pengiriman data, perangkat lunak yang digunakan, konfigurasi dari perangkat dan kondisi dari sinyal itu sendiri.Untuk mengaktifkan lampu on atau off dengan menekan pada aplikasi smartphone tombol sesuai dengan nama ruangan yang akan dihidupkan atau dimatikan.

  • ANALISIS PENGENDALIAN WAKTU DAN BIAYA PADA PROYEK PENINGKATAN JALAN DENGAN METODE PERT
    Vol 8 No 2 (2018)

    Tujuan dari studi ini adalah (1) Mendapatkan rencana waktu penyelesaian pelaksanaan proyek, (2) Mendapatkan durasi optimal pelaksanaan proyek, (3) Mendapatkan total biaya pelakasanaan proyek. Setelah dilakukan analisis, didapatkan bahwa (1) Rencana waktu penyelesaian  pelaksanaan proyek 275 hari, (2) Waktu penyelesaian proyek sesuai rekayasa ulang Netwok Planning dengan metode PERT, didapatkan waktu penyelesaian proyek 252 hari, dengan percepatan waktu terhadap Time Schedule original sebesar 23 hari,  (3) Hasil rekayasa ulang terhadap Network Planning dengan metode PERT dihasilkan durasi optimal berdasarkan durasi (te) 252 hari, dengan rincian biaya upah tenaga percepatan  Rp51.262.500,00. Penghematan gaji karyawan dan biaya operasional sebesar Rp 50.715.000,00 sehingga selisih biaya percepatan 23 hari dan penghematannya sebesar Rp 547.500. Biaya total berdasarkan waktu optimal dari 275 hari sebesar Rp 24.972.450.794,11, menjadi 252 hari sebesar Rp 24.972.450.794,11 + Rp 547.500,00 = Rp 24.972.998.294,11

  • Vol.8 No.1 2019
    Vol 8 No 1 (2019)

  • Vol.7 No.2 2018
    Vol 7 No 2 (2018)

  • Vol.7 No.1 2018
    Vol 7 No 1 (2018)

  • Vol. 6 No. 02 2017
    Vol 6 No 2 (2017)

1-25 dari 65