Vol 9 No 2 (2020): Pengaruh Brand Image, Tarif,dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Gojek (Studi Kasus Pada Mahasiswa-Mahasiswi Pengguna Aplikasi Gojek Di Kota Malang)

Abdul Hakim, SE, M.Si

Program Studi Teknik Elektro

Sekolah Tinggi Teknik Malang

abdulhakim@stt.ac.id

   

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand image, tarif, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari observasi, kuesioner dan dokumentasi . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa/i berusia 19-24 tahun pengguna aplikasi GO-JEK dan diambil secara random. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang jumlah sampel sebanyak 50 responden yang diambil secara random dengan metode survey. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.

Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji signifikansi pengaruh simultan dengan uji F, brand image, tarif, dan kualitas pelayanan secara bersama-sama atau simultan, berpengaruh signifikan (secara statistika) terhadap keputusan penggunaan. Berdasarkan hasil uji pengaruh parsial dengan uji t, diketahui variabel bebas, yakni variabel brand image dan tarif berpengaruh positif dan tidak signifikan, sedangkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan.

 

Kata kunci :   Pengaruh Brand Image, Tarif, Kulitas Pelayanan, dan Keputusan Penggunaan

 

Diterbitkan: 2023-03-09