Analisis Voice Of The Customer Terhadap Kualitas Produk Shampo Anti Ketombe dengan Menggunakan Metode Six Sigma

Penulis

  • Priska Wulan Ndari

Abstrak

Era Revolusi Industri 4.0, Perusahaan yang ingin tetap bersaing di pasar harus memastikan bahwa produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang tinggi dan mencapai kepuasan konsumen.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian konsumen berdasarkan kepuasan dan kepentingan terhadap kualitas produk sampo anti ketombe. Kuesioner dibagikan kepada mahasiswa di kampus xx sebanyak 30 responden dari jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Kuesioner tersebut berisi tingkat kepentingan dan kepuasan pelanggan sehingga perusahaan bisa menentukan CTQ (critical to quality) berdasarkan voice of customer. Kuisioner yang sudah  disebarkan kemudian dihitung sigma levelnya dan juga dilakukan  perbandingan antara tingkat kepentingan dengan tingkat kepuasan pelanggan. Prosedur pengambilan sampling yaitu non probability sampling, sedangkan teknik pengambilan sampel adalah quota sampling.  Hasil penelitian diketahui bahwa sigma level terendah untuk produk sampo anti ketombe P, C dan L ada pada CTQ No 7 yaitu kemasan tidak ramah lingkungan. Produk sampo P sebesar 1,86 dengan posisi di kuadran A (Attention) sedangkan untuk produk sampo anti ketombe L sigma level terendah yaitu 2,04 dengan posisi di kuadran A (Attention) dan terakhir sigma level terendah untuk produk sampo C pada CTQ kemasan ramah lingkungan yaitu 2,05 dengan posisi di kuadran A (Attention). Sehingga bisa disimpulkan bahwa CTQ yang perlu diperbaiki dan diperhatikan baik dari sigma level maupun posisi kuadran untuk ketiga jenis produk sampo anti ketombe tersebut adalah kemasan tidak ramah lingkungan dan Nilai terkecil pada produk P

Diterbitkan

2023-12-31