IDENTIFIKASI FENOMENA "NGOPI" SEBAGAI BENTUK MANAJEMEN KOMUNIKASI REMAJA DI MALANG

Penulis

  • Amritha Suko Zaqinadevi
  • Chita Aura Suko Nisrinadevi Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Internasional Malang

Abstrak

Teori komunikasi manajemen terbentuk atas konsep komunikasi dan teori manajemen yang melibatkan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian dengan menerapkan unsur komunikasi untuk mencapai sebuah tujuan. Dapat di-identifikasi bahwa fenomena "ngopi" merupakan sebuah bentuk dari manajemen komunikasi pada remaja di Malang. Permasalahan mulai timbul di kala gaya hidup di kalangan remaja zaman sekarang semakin beraneka ragam, contohnya saja kecanduan merokok yang biasanya dijadikan simbol kejantanan pada remaja hingga aktivitas “ngopi” (kegiatan duduk berasama (nogkrong). Kini kebiasaan "ngopi" ini tak mengenal waktu, kapanpun dan dimanapun. Mirisnya kegiatan ini juga tak mengenal gender baik pria maupun wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hal apa yang menyebabkan remaja di Malang sering melakukan kegiatan "ngopi" terlepas dari gender dan waktu.

            Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif, menggunakan teori interaksionisme simbolik. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi partisipan, studi pustaka dan wawancara. Dengan hasil kegiatan "ngopi" yang dilakukan oleh remaja merupakan siklus manajemen komunikasi berulang, yang membuat kegiatan ini sering dilakukan oleh remaja adalah karena proses komunikasi yang terjalin saat ngopi membuat jati diri individu dapat terlihat apa adanya serta dapat memunculkan kesamaan ide, ata gagasan yang melindungi personal security dari masing - masing individunya.

Diterbitkan

2024-12-16