IMPLEMENTASI METODE GENEVA EMOTION WHEEL (GEW) DALAM MERANCANG STRATEGI PROMOSI BELI HEMAT PADA KASIR BARAKAH MART DI TUMPANG, MALANG
Abstrak
Geneva Emotion Wheel adalah alat ukur yang digunakan untuk menilai 20 jenis emosi, terdiri dari 10 emosi positif dan 10 emosi negatif, guna mengukur respons atau reaksi emosional terhadap suatu peristiwa, objek, atau keadaan.. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan memahami gambaran emosi konsumen terhadap desain promosi "Beli Hemat" di Barakah Mart. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan merancang desain promosi dengan menggunakan metode Geneva Emotion Wheel untuk meningkatkan minat konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain promosi awal pada program "Beli Hemat" Barakah Mart cenderung memunculkan emosi negatif dengan nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan emosi positif. Hal ini mengindikasikan bahwa desain awal kurang menarik bagi konsumen. Namun, setelah dilakukan perancangan ulang pada desain promosi tersebut, emosi positif konsumen meningkat secara signifikan dengan nilai rata-rata lebih tinggi daripada emosi negatif. Hal ini menunjukkan bahwa desain promosi yang dirancang ulang mampu menciptakan efek positif dan menarik minat konsumen secara lebih efektif.