STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA LUMPIA DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS
Abstrak
Lumpia merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang enak dan dapat dijual dengan harga yang terjangkau. Salah satu UMKM yang menjual lumpia dengan isian rebung dan ayam cincang adalah UMKM lumpia bunul. Melihat dari perkembanganya UMKM lumpia bunul mengalami pasang surut dalam produksinya karena kurangnya pemasaran / promosi, banyaknya kompetitor fluktuasi harga bahan baku yang tidak bisa di prediksi maka dari itu peneliti memilih UMKM lumpia bunul karena ingin membantu pemilik untuk mengembangkan usahanya, mengingat dari awal lumpia bunul didirikan sampai sekarang, bisnis ini kurang berkembang. Tentu saja diperlukan strategi bisnis yang tepat dengan membuat model bisnis yang baru untuk lebih baik dari para pesaing dan dapat diterapkan oleh UMKM lumpia bunul. Salah satu metode untuk membuat model bisnis adalah dengan menggunakan Business Model Canvas yang dapat di implementasikan dengan mudah oleh pelaku bisnis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif (mix method) dengan teknik wawancara, kuesioner, dan observasi. Hasil penelitian dengan metode BMC menunjukan telah memenuhi 9 aspek elemen BMC namun Lumpia Bunul masih perlu dikembangkan untuk menunjang perkembangan selanjutnya dan meraih hasil yang signifikan. Hasil analisis SWOT menunjukan Lumpia Bunul berada pada kuadran 1 yang berarti Lumpia Bunul perlu memiliki strategi yang mendukung kebijakan pertumbuhan bisnis yang agresif. Begitu pula dengan kuadran lainnya yang juga harus diperhatikan berdasarkan matrix SWOT yang telah di kelompokan.